Langsung ke konten utama

Artikel Lingkungan

Cara Menjaga Sekolah yang Peduli Lingkungan
Oleh : Shofi Munawwir Effendi

                Sekolah merupakan salah satu lembaga formal pendidikan yang berfungsi untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, sekolah merupakan tempat untuk memperoleh berbagai ilmu pengetahuan sebagai bekal untuk hidup di kemudian hari.Selain itu, sekolah sebagai suatu tempat untuk menumbuhkan karakter, seperti peduli dan cinta terhadap lingkungan.Sekolah yang berwawasan lingkungan pasti akan benar-benar melakukan kegiatan apapun sesuai dengan lingkungan agar lingkungan dapat terlindungi dan lestari.Berikut cara warga sekolah terutama siswa untuk menjaga sekolah agar bersih, sehat, dan nyaman :
1.       Galakkan program –program lingkungan seperti, “ One Man One Tree “, GERAKAN SEMUT 
( Semua Dipungut ), Bank Sampah, 5R, dan program kreatif lain.
2.       Diadakannya lomba antar kelas yang dinilai melalui kreatifitas dan keterampilan tentang lingkungan.Kelas yang bersih, sehat, nyaman, dan indah merupakan pemenangnya.Namun, lebih baik lagi bila setiap bulan kelas dinilai kebersihannya.
3.       Membuat taman.Dengan memperbanyak taman, tentu sekolah akan lebih rindang dan sejuk.Namun, tak hanya dibuat saja tapi juga dirawat dengan baik.
4.       Membuat taman produk unggulan sekolah.Contohnya, produk unggulan SMPN 1 Situbondo yaitu, Lidah Buaya.Dari tanaman tersebut dibuat suatu produk-produk kreatif seperti, makanan ataupun minuman.
5.       Membuat apotek hidup.Untuk menurunkan ketergantungan terhadap obat berbahan kimia, sebaiknya dibuatlah apotek hidup yang terdapat tanaman herbal seperti, temulawak, lidah buaya, kunyit, jahe, dan sebagainya yang membantu untuk pengobatan pertolongan pertama atau untuk kegiatan lainnya.
6.       Hidupkan kegiatan lingkungan di dalam kelas, seperti piket kelas.
7.       Membuat peraturan tegas dan disiplin terhadap lingkungan.Hal ini dilakukan agar meningkatkan kepedulian dan kedisiplinan siswa dan warga sekolah terhadap lingkungan sekolah.Peraturan dibuat bukan untuk dilanggar.
8.       Dalam suatu event-eventsekolah sebaiknya diadakan lomba tentang lingkungan, seperti Puisi Lingkungan, Fashion Recycle, Drama Lingkungan, dan sebagainya.
9.       Bersama-sama mengadakan kerja bakti sebulan beberapa kali.
10.   Memperingati hari-hari lingkungan seperti, Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Hari Air, Hari Pohon, dan lain-lain.
11.   Membuat majalah dinding di manapun tentang lingkungan.Madingnya pun dapat di buat dari barang bekas untuk dikreasikan menjadi lebih kreatif.
12.   Mengadakan pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup ( PLH ).

                Nah, tadi merupakan contoh cara-cara menuju sekolah yang cinta dan peduli terhadap lingkungan.Tak hanya dibaca, namun dikerjakan dan dijadikan inovasi kedepan.Mari jaga dan lestarikan lingkungan sekitar kita ! Kalau bukan kita siapa lagi ? Kalau bukan sekarang kapan lagi ?




Hal. 3

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biografi Tokoh Lingkungan Hidup

S evern Cullis Suzuki Severn Cullis Suzuki lahir 20 November 1979. Dia adalah seorang aktivis lingkungan kanada, pembicara, pembawa acara televisi, dan seorang penulis. Ia adalah aktivis yang sering menyuarakan kepada masyarakat dunia untuk peduli terhadap isu-isu global yang berkaitan dengan lingkungan, serta mendesak masyarakat dunia untuk peduli kepada lingkungan. Severn Cullis lahir dan di besarkan di Vancouver, British Colombia. Ibunya adalah seorang penulis dan ayahnya adalah aktivis         lingkungan dan juga ahli genetika, generasi ketiga warga keturunan Jepang Kanada. Ketika masih duduk di  bangku SD keagamaanLord Tennyson di Paris, pada umur 9 tahun ia mendirikan Enviromental Children’s Organization (ECO). Organisasi tersebut merupakan organsasi yang terdiri dari anak-anak yang berdedikasi untuk belajar dan memberikan arahan kepada anak-anak untuk peduli terhadap isu-isu yang berkaitan dengan lingkungan. Pada tahun 1992, ketika Severn Suzuki berumur 12 t

Kata Pengantar

Puji syukur kehadiran Tuhan Yang Maha Esa berkat rahmat dan karuniannya Kami dapat menyelesaikan Ujian Sekolah Praktek Bahasa Indonesia Booklet dengan baik.Booklet ini Kami susun selain untuk menyelesaikan tugas ujian juga memberikan pendidikan tentang lingkungan sekolah dan juga tentang pendidikan Bahasa Indonesia secara lengkapnya.Artikel, wawancara, puisi, cerita pendek, slogan, dan sebagainnya telah termuat di buku kecil sederhana Kami.             Kami atas nama kelompok berterima kasih kepada Ibu Desy Maria Damayanti, S. Pd. yang telah membimbing Kami selama ini, selain itu Kami juga berterima kasih kepada siapapun yang telah mendukung dan membantu terselesainya booklet Kami.Segala rintangan dan cobaan dapat Kami terjang di saat-saat sibuk Kami.             Semoga booklet ini juga dapat bermanfaat bagi para pembaca.Dengan pendidikan lingkungan sekolah dan Adiwiyata yang Kami susun semoga dapat dijadikan ilmu dan pengalaman bermanfaat.Namun, tak sampai di situ saja, manusia

Rubrik atau Opini

APA ITU SEKOLAH ADIWIYATA ? Sekolah Adiwiyata merupakan sekolah yang dalam kesehariannya berlandaskan dan berwawasan lingkungan.Segala pembelajaran, infrastruktur, dan perilaku diupayakan dapat melestarikan dan mendukung terwujudnya lingkungan yang sehat, nyaman, rapi, indah, bersih, dan hemat energi.Sekolah Adiwiyata pertama kali dicanangkan pada tahun 2006 oleh Kementerian Lingkungan Hidup.Selain itu, pendidikan dan kurikulum lingkungan hidup telah ada yaitu, k urikulum berpendidikan lingkungan hidup dari implementasi UU no. 32 Tahun 2009 tentang Bermitra dalam Gerak Pembangunan Berkelanjutan. Saat ini, Kementrian Lingkungan Hidup sudah bekerja sama dengan Kementrian Pendidikan Nasional untuk menyelenggarakan kurikulum pendidikan lingkungan hidup tersebut. Tentu dengan sekolah Adiwiyata dapat menumbuhkan karakter siswa untuk lebih cinta dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya.Tidak hanya itu, sekolah Adiwiyata juga merupakan sarana sosialisasi dan dapat berbagi ilmu terkait l